-->

Cara Mengganti Faskes BPJS

Bagi anda pemegang Kartu BPJS tentunya sangat terbantu dengan adanya fasilitas yang satu ini. Setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan ini, bagi siapa saja pemegang kartu bisa mengakses layanan kesehatan dari berbagai tingkat (klinik, puskesmas, maupun rumah sakit). Tentunya fasilitas kesehatan tersebut telah menjalin mitra dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).
BPJS
Logo BPJS Kesehatan


Sebebarnya, ada satu kekurangan yang terdapat dalam fasilitas ini, yakni akses layanan kesehatan cukup berbelit dan memakan waktu. Apalagi bagi anda yang kerap bepergian semacam bekerja atau menempuh pendidikan di luar kota. Pasalnya, kartu BPJS hanya bisa digunakan di satu area provinsi saja. Namun, jangan risau akan masalah ini. Jelasnya pemerintah memberikan solusi bagi anda yang membutuhkan layanan kesehatan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa melakukan penggantian Faskes (Fasilitas Kesehatan) Tingkat I di kota tujuan anda. Faskes Tingkat I adalah layanan kesehatan tingkat pertama yang bisa anda akses secara gratis, sesuai dengan yang tertera di Kartu BPJS anda. Layanan itu bisa berupa klinik atau puskesmas.

Di bawah ini penulis jelaskan bagaimana cara atau tahap dalam melakukan penggantian Faskes Tingkat I BPJS. Perlu untuk diingat, penggantian ini tidak akan memakan waktu berbulan-bulan. Jadi, anda akan tetap dapat merasakan manfaat dari adanya BPJS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pastikan bahwa anda telah membayar iuran bulanan sesuai dengan kelas yang anda pilih 
  • Pastikan FasKes Tingkat I yang ingin dipilih (usahakan yang dekat aksesnya dan representatif)
  • Siapkan Kartu BPJS dan identitas diri berupa KTP
Berdasarkan pengalaman penulis, persyaratan penggantian Faskes hanya membutuhkan dua kartu ini saja dan tidak perlu untuk di-fotocopy. Mengapa anda harus membawanya? Jelas, bahwa KTP akan dicocokkan dengan Kartu BPJS tersebut apakah sesuai atau tidak identitas yang tercantum. Selain itu, Setelah penggantian sukses, kartu BPJS lama akan diminta oleh petugas karena sudah tidak berlaku untuk digunakan lagi. Jadi, anda bisa menggunakan kartu yang baru (FasKes baru).
  • Datangi Kantor BPJ
Ingat, biasanya, kantor BPJS hanya ada satu/dua di setiap provinsi untuk mengurus administrasi ini. Anda bisa bertanya atau melakukan pencarian di mesin telusur dimanakah letak kantor BPJS di kota anda.
  • Ambil nomor antrean
Budayakan untuk bisa bersabar, karena tidak hanya satu atau dua orang saja yang membutuhkan pelayanan.
  • Isi formulir
Pastikan anda tidak salah memilih dan mengisi formulir. Jika anda ragu, silakan tanyakan pada petugas yang bersiaga atau biasanya security akan menanyakan keperluan anda dan memberikan formulir yang sesuai kebutuhan anda. Untuk menghemat waktu, perhatikan seksama pengisian kolom pada formulir tersebut. Jika tidak paham, tanyakan pada mereka yang bertugas (boleh ke security). Dan isilah data itu sesuai dengan anda dan dimana anda tinggal saat ini.

  • Tunggu nomor antrean anda dipanggil
  • Sampaikan keperluan anda ke petugas
  • Pilih dan utarakan 'ganti FasKes'
  • Sebutkan FasKes manakah yang anda ingin pilih 
  • Selesai
Setelah apa yang anda butuhkan, dalam hal ini mengganti Faskes Tingkat I disampaikan kepada petugas. Biasanya mereka akan memproses dan melakukan pencetakan kartu BPJS yang baru. Namun, terkadang jika terkendala oleh sistem atau jaringan internet, ini akan memakan waktu hingga beberapa hari. Namun tenang saja, karena kartu tersebut akan dikirimkan ke alamat dimana anda tinggal.

Setelah semua langkah tersebut selesai, maka secara otomatis jika tidak ada gangguan semacam penunggakan pembayaran iuran, anda bisa langsung memakai kartu tersebut di Faskes tingkat I yang telah anda tentukan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sehat selalu.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Mas Beber


0 komentar:

Post a Comment